Kamis, 28 November 2013

Etika copy paste software

Posted by Unknown On Kamis, November 28, 2013 | No comments
    Beberapa dari kita sering mengkopi paste software milik teman, tapi, taukah anda bahwa setiap software memiliki lisensi, lalu apakah lisensi itu ?
     Lisensi adalah pemberian hak kepada pihak lain untuk menggunakan, mengedarkan, atau menjual suatu karya kepada pihak lain. Maka dari itu kita tidak boleh mengkopi paste suatu software sembarangan, berikut adalah jenis-jenis lisensi :

     Jenis lisensi komersial adalah lisensi yang diberikan kepada software yang bersifat komersial dan digunakan untuk kepentingan-kepentingan komersial (bisnis).
Misalnya : Microsoft office, Photoshop, Mc Afee, dll.

     Jenis lisensi percobaan software (Shareware) lisensi ini diberikan kepada software yang bersifat percobaan (trial atau demo version) dalam rangka uji coba terhadap software komersial yang akan dikeluarkan sebelum software tersebut dijual secara komersial
Misalnya : Bitdefender dll.
     Lisensi non komersial, adalah jenis lisensi yang diberikan kepada software yang bersifat non komersial dan digunakan untuk kepentingan-kepentingan non komersial seperti pada instritusi pendidikan (sekolah dan kampus) dan untuk penggunaan pribadi.
Misalnya : IDM (Internet Download Manager)
     Lisensi Freeware adalah jenis lisensi yang diberikan kepada software  yang bersifat mendukung atau memberikan fasilitas tambahan (tools) dengan kemampuan yang terbatas dibandingkan dengan versi yang untuk penggunaan komersial (bisnis).
Misalnya : Game Angry Bird
     Open Source adalah jenis lisensi yang diberikan kepada software- software yang bersifat Open Source atau menggunakan hak cipta publik yang dikenal sebagai GNU Public License (GPL) Adapun prinsip dasar GPL berbeda dengan hak cipta, GPL pada dasarnya berusaha memberikan kebebasan seluas-luasnya bagi pencipta software untuk mengembangkan kreasi perangkatnya dan menyebarkannya secara bebas kemasyarakat umum. Tentunya dalam penggunaan GPL ini kita masih terikat dengan norma, nilai dan etika. Misalnya sangatlah tidak etis apabila kita mengambil software GPL kemudian mengemasnya menjadi sebuah software komersial dan mengklaim bahwa software tersebut adalah hasil karya atau ciptaannya.
Misalnya : Linux
Select Licence
 

     Select Licence adalah jenis lisensi yang diberikan kepada suatu pengguna yang telah membeli atau membayar lisensi untuk menggunakan software tertentu yang akan diinstall ke beberapa perangkat komputer yang akan dipergunakan

Misalnya : OS  Windows XP
Setelah mengetahui jenis-jenis lisensi diatas, kita harus lebih bijak dalam menggunakan suatu software, apalagi kalau software itu hasil copy paste.
Acuan : keyboardsound.wordpress.com dengan beberapa perubahan.

0 komentar:

Posting Komentar